Plt Kejur Kehutanan: Kerjasama dengan AMO pada Produksi Cenderamata dari Bambu

News & Articles
Plt Kejur Kehutanan: Kerjasama dengan AMO pada Produksi Cenderamata dari Bambu
DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianJapaneseKoreanJavanese

AMBON - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Jurusan (Kejur) Kehutanan Fakultas Pertanian Unpatti Rohny Maail mengatakan kerja sama pihak Ambon Music Office dengan Jurusan Kehutanan, terkait Sound of Green (SoG), terletak pada kemampuan akademik dan keilmuan yang sanggup menjawab kebutuhan Kota Ambon, melalui peningkatan kemampuan penggunaan teknologi dan kreativitas, baik tingkatan mahasiswa maupun dosen pada isu terkini.

“Laboratorium atau unit usaha mebel dan kreasi kayu Jurusan Kehutanan, sebagai unit kerja dan beberapa laboratorium lainnya sementara dikembangkan,” ujarnya di Ambon, Selasa (11/8/2020).

Ini menurut Rohny, dikolaborasikan dengan AMO dengan memproduksi berbagai kebutuhan berupa furnitur dan cenderamata menggunakan ikon Ambon City of Music dan menganalisis secara keilmuan bahan baku bambu.

“Kerja sama juga telah dilakukan sebelumnya dengan Balai Pengelolaan DAS Maluku (BPDAS), dengan melakukan pengukuran lahan yang perlu direhabilitasi menggunakan tanaman bambu di Dusun Tuni dan desa sekitarnya yang juga lahan milik anggota MBO,” ungkapnya.

Masyarakat, kata Rohny, akan dilibatkan mulai dari mencari bibit tanaman sampai dengan menanam dan memanen dengan dukungan BPDAS yang memiliki program tersebut.

“Masyarakat secara sukarela telah menyediakan lahan tidur untuk ditanami tanaman bambu. Partisipasi masyarakat dengan musik sebagai daya dorong atau lokomotif akan mampu berdampak pada ekonomi masyarakat, ” katanya.(Tiara)