Kemendikbud RI Apresiasi Suksesnya Indonesiana 2018 di Ambon

News & Articles
Kemendikbud RI Apresiasi Suksesnya Indonesiana 2018 di Ambon
DutchEnglishFrenchGermanIndonesianItalianJapaneseKoreanJavanese

AMBON - Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan program Indonesiana di Kota Ambon pada November tahun 2018 lalu. 
 
Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Subdit Program, Evaluasi dan Dokumentasi, Direktur Kesenian, Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kuat Prihatin, saat pertemuan evaluasi Program Indonesiana 2018 dan rencana penyelenggaraan Indonesiana 2019, di Kantor Walikota Ambon, Rabu (20/2/2019).
 
"Kami dari Kemendikbud berterimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon,  dan tidak bisa dinafikan juga peran dari Ambon Music Office (AMO)," ujar Kuat. 
 
Dia menyebut, AMO telah mendukung serta menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan Amboina International Bamboo Music Festival pada November 2018 lalu. 
 
"Keterlibatan AMO sangat jelas dan menjadi penanda bahwa ekosistem di sini berjalan dengan baik. Ini modal untuk Indonesiana,  sebab ekosistem menjadi sesuatu yang sangat panting sekali," tandasnya. 
 
Menurut Kuat, dari evaluasi yang dilakukan dan masukan-masukan dari pelaku-pelaku atau komunitas yang ada di sini, apa saja yang harus ditingkatkan, bagaimana tata kelola, bagaimana kita koordinasi, pendekatan dengan seniman, bagaimana meningkatkan apresiasi masyarakat. 
 
"Karena apresiasi menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kemajuan kesenian. Tanpa adanya apresiasi tidak mungkin kita akan berkesenian. Berkesenian itu tidak hanya untuk kita sendiri tapi untuk dinikmati oleh orang lain," pungkasnya.
 
Indonesiana adalah platform yang mendukung kegiatan seni budaya di Indonesia yang mendukung tata kelola kegiatan seni budaya yang dikelola, berjejaring, dan berkembang. Indonesiana diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan - Kemendikbud RI. (Tiara)